Ide konten TikTok

5 Ide Konten TikTok Ini Cocok Bagi Kamu Pebisnis Makanan

Apakah kamu pemilik bisnis makanan dan sedang bingung mencari ide konten TikTok untuk mempromosikan produk? Walaupun membuat konten di TikTok terlihat mudah, bila tujuannya untuk mengiklankan produk perlu mempertimbangkan banyak hal.

Bukan hanya sekedar membuat video, tapi juga perlu konsep yang jelas supaya menarik perhatian audiens. Selain konsep, algoritma TikTok juga penting dipahami supaya berpotensi besar masuk pada halaman FYP pengguna lainnya.

Apakah TikTok bisa menghasilkan uang? Ini yang membuat banyak orang mulai mengatur strategi dalam membuat konten di TikTok. Mengenai algoritma serta berbagai ide konten yang bisa dijadikan referensi akan dibahas pada uraian berikut. Akan dibahas juga mengenai manfaat aplikasi satu ini untuk bisnis yang membuatnya semakin banyak peminat.

Pentingnya Mengenali Algoritma TikTok untuk Bisnis

Sebelum mengetahui ide konten TikTok untuk bisnis, apakah kamu sudah memahami mengapa mengenali algoritmanya itu penting dilakukan? Ketika video yang dibuat masuk pada halaman utama pengguna lain, minimal mereka menjadi mengetahui keberadaan bisnis kamu.

Kemudian, berpotensi membuat mereka tertarik untuk mengunjungi akun TikTok kamu dan membeli produk yang ditawarkan. Bukan tidak mungkin bila mereka akhirnya berlangganan dengan bisnis kamu.

Algoritma adalah berbagai peraturan yang perlu diikuti oleh pengguna akun TikTok bila ingin memiliki feedback optimal. Algoritma ini akan berpengaruh terhadap ramai dan tidaknya konten yang dibuat.

Walaupun konten pada halaman pertama tidak selalu viral, tapi peluang untuk ditonton oleh audiens lebih besar. Bila interaksi dengan audiens semakin banyak, akan berpeluang lebih tinggi dalam mempromosikan usaha.

Ide konten TikTok menarik disertai dengan implementasi algoritma akan meningkatkan brand awareness dengan lebih optimal. Dibandingkan Instagram dan Facebook, engagement rate TikTok lebih tinggi, tidak heran bila penggunanya semakin banyak.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Konten TikTok Muncul pada Halaman FYP

Setiap platform online memiliki algoritma atau optimasinya tersendiri, termasuk TikTok. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi konten TikTok muncul pada halaman FYP, diantaranya:

1. Jenis Video

Faktor penentu posisi FYP pertama adalah jenis video. Diperlukan penambahan komponen pendukung lain supaya konten yang dibuat mudah terdeteksi oleh para pengguna, seperti hash tag dan caption.

Melalui komponen pendukung tersebut, video yang kamu buat akan ditampilkan oleh sistem sesuai minat pengguna. Mengenai hash tag sebaiknya cari yang sedang menjadi tren karena lebih banyak diakses oleh para pengguna. Selain itu, pikirkan juga berapa kali upload video di TikTok?

2. Interaksi

Faktor berikutnya adalah interaksi antara pemilik akun bisnis dengan audiens akan dicatat oleh sistem TikTok. Ide konten TikTok tepat akan berpengaruh signifikan terhadap interaksi audiens.

Sistem aplikasi ini akan mencatat informasi penting, seperti jenis konten yang sering dibagikan oleh audiens. Selain itu, kategori video digemari oleh mereka serta jenis akun yang dikomentari dan diikuti.

3. Kualitas Konten

Kualitas video akan berpengaruh terhadap ditampilkannya pada halaman utama atau tidak. Jadi, bagaimana cara agar video TikTok FYP? Video yang dibuat harus memberikan pengetahuan tambahan kepada audiens. Para pengguna TikTok cenderung menyukai informasi unik paling baru.

Berbagai Manfaat TikTok untuk Bisnis yang Membuatnya Semakin Diminati

Jasa Pembuatan Company Profile Dari 0

Sekarang ini ide konten TikTok semakin bervariasi, termasuk untuk kebutuhan bisnis. Ada beberapa manfaat aplikasi ini untuk bisnis yang membuatnya semakin diminati, antara lain:

1. Menjangkau Audiens Lebih Luas

TikTok memang dibuat sudah sejak lama, tapi baru marak menjadi perbincangan dan semakin banyak diminati beberapa tahun akhir ini. Dengan memasarkan produk makanan melalui TikTok, jangkauan audiens menjadi lebih luas.

Sebab, aplikasi satu ini sudah diunduh oleh pengguna dari berbagai kalangan usia, jenis kelamin maupun profesi. Jadi, kamu bisa mempromosikan produk kepada beragam kelompok audiens, bukan hanya lokal tapi juga interlokal.

2. Fitur yang Ada Mudah Digunakan

Fitur tersedia pada aplikasi ini mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. Beragam fitur bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembuatan konten supaya tampak lebih menarik, seperti transisi, emoji, stiker, teks, filter dan lain sebagainya.

3. Mempunyai Engagement Besar

Melalui ide konten TikTok menarik, engagement besar bisa diperoleh. Maksud dari engagement yaitu keterlibatan pengguna lain terhadap akun TikTok bisnis kamu. Besarnya engagement berpotensi tinggi meningkatkan penjualan.

4. Lebih Hemat Biaya Iklan

Manfaat terakhir yaitu lebih menghemat biaya iklan. Bagaimana bisa? Jadi, pengguna bisa mempromosikan produk dengan berapapun jumlah anggaran iklan yang dimiliki.

Aplikasi ini bisa membantu produk baru yang masih belum terkenal supaya memperoleh jangkauan organik tanpa harus mengeluarkan budget besar. Jadi, sangat cocok dipakai oleh pebisnis makanan pemula atau baru merintis usahanya.

Selain itu, juga lebih efisien waktu dan tenaga karena proses pengiklanan bisa dilakukan kapanpun di manapun. Asalkan mempunyai perangkat smartphone yang sudah terpasang aplikasi TikTok beserta jaringan internet, kegiatan promosi bisa dilakukan dengan mudah.

Inilah 5 Ide Konten TikTok Ini Cocok Bagi Kamu Pemilik Bisnis Makanan

Semakin kreatif memilih ide konten TikTok, akan meningkatkan omzet penjualan bisnis makanan yang dijalankan. Apa sajakah ide konten yang cocok bagi pemilik bisnis makanan? Inilah 5 ide video bisa kamu jadikan inspirasi:

1. Hash Tag Challenge

Opsi ide pertama adalah hash tag challenge relevan dengan produk, mudah diingat serta sedang populer. Biasanya konten berupa tantangan khusus selalu viral dan sedang menjadi perbincangan khalayak.

Jadi, pembuatan video dengan konsep seperti ini mampu meningkatkan jumlah penonton serta memperluas jangkauan. Karena hash tag challenge sifatnya mudah berubah, kamu perlu rutin mencermati konten apa yang sedang update.

2. Katalog Produk

Ide konten TikTok untuk makanan selanjutnya yaitu katalog produk. Melalui konsep satu ini, kamu bisa memperkenalkan produk makanan apa saja yang bisa dibeli oleh para konsumen.

Menambahkan efek transisi untuk menunjukkan perubahan pada setiap makanan juga bisa menjadi ide menarik. Semakin menarik efek transisinya, akan semakin meningkatkan minat audiens untuk melihat produk yang kamu tawarkan.

3. Product Launching

Metode memperkenalkan produk lainnya juga bisa melalui konsep product launching. Selain perkenalan, tambahkan informasi lainnya seperti kelebihan serta latar belakang pembuatan bisnis makanan tersebut.

Supaya audiens penasaran, kamu bisa membuat video dengan durasi pendek yang menampilkan spoiler dari produk makanan. Selain itu, bisa juga memberikan tampilan performa terbaik produk dengan kemasan menarik.

4. Tutorial

Ide konten TikTok lainnya yaitu dalam bentuk tutorial, seperti tata cara pengolahan produk makanan. Atau bisa juga tutorial memesan makanan tersebut serta manfaat bila mengonsumsinya.

Konsep video edukasi ringan bisa mempengaruhi audiens untuk membeli produk. Variasi video bisa dalam bentuk life hack, tips atau tutorial menarik lainnya. Supaya lebih menarik, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer.

5. Behind the Scene

Konsep terakhir tidak kalah menarik untuk dicoba yaitu behind the scene proses pembuatan produk makanan. Melalui behind the scene ini, calon konsumen menjadi lebih percaya dengan bisnis kamu.

Supaya lebih meningkatkan kepercayaan, tunjukkan kualitas bahan pembuatan produk makanan kamu. Jangan lupa ketika membuat video ini, memperhatikan kebersihan area tempat produksi mengingat produknya berupa makanan, sehingga perlu higienis.

Bagi kamu pebisnis makanan yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengurusi ide konten untuk TikTok, gunakan saja jasa Hello Monday Morning. Dengan menghubungi nomor WA dibawah ini untuk informasi selengkapnya. Dijamin ide konten TikTok yang dibuat berkualitas dan menarik.

Baca juga: Jasa Membuat Video Tiktok untuk Bisnis

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *