Bikin Konten Instagram yang Menarik Itu Susah? Siapa Bilang!

Salah satu cara membuat audiens tertarik adalah membuat konten Instagram yang menarik, jika sebuah konten menarik mampu menarik perhatian audiens maka kamu bisa mendapat banyak manfaat, salah satunya adalah berpeluang besar meningkatkan penjualan juga keuntungan.

Salah satu platform sosial media yaitu Instagram, diketahui memiliki banyak pengguna karena aplikasi ini mampu memberikan pengalaman menarik bagi penggunanya. Selain itu kamu tidak hanya bisa bertemu dengan teman atau kenalan baru, namun juga menjajakan brand bisnis.

Di era digital ini kita memang bisa berbisnis dimana saja, jika menemukan konsumen potensial, maka bisa saja terjadi transaksi jual beli. Namun tidak semudah itu untuk menarik audiens agar tertarik untuk membeli, namun kamu bisa memanfaatkan konten Instagram yang menarik.

Membuat konten memang tidak semudah dibayangkan, ada berbagai hal perlu kamu persiapkan secara matang dan pastinya perlu menyesuaikan kembali dengan produk akan diperjualkan, berikut ini adalah konten instagram menarik untuk kamu aplikasikan.

Konten Instagram yang Menarik dan Bisa Menjadi Inspirasi

19. Jenis Konten Instagram

Bagaimana membuat konten Instagram? Salah satu caranya ialah mencari berbagai inspirasi, dan dapat dijadikan sebagai bahan konten yang memang disukai oleh audiens. Saat ini ada berbagai contoh yang bisa kamu terapkan, dan semoga membantu bagi akun Instagram.

1.   Podcast

Konten Instagram yang menarik adalah podcast, biasanya inovasi ini dilakukan di aplikasi untuk mendengarkan musik atau Youtube. Namun kamu juga bisa mengunggah podcast secara singkat, dan membahas informasi mengenai produk dikemas secara menarik.

Karena durasi di Instagram terbatas, maka kamu bisa mengunggahnya menjadi beberapa bagian dengan begitu hal ini juga akan mencegah agar audiens tidak cepat bosan saat menontonnya. Temukan tema pembahasan menarik, dan bisa diselingi dengan keunggulan produkmu.

2.   Ucapan di Hari Besar

Agar bisa selalu update dengan berbagai kondisi, kamu bisa mengunggah feed berhubungan dengan hari-hari besar, seperti idul fitri, kemerdekaan, natal, pahlawan, guru dan lainnya. Tidak ada salahnya untuk membuat konten, dan tidak selalu berhubungan dengan urusan bisnis.

3.   Webinar

Konten Instagram yang menarik selanjutnya webinar, saat ini cukup mudah untuk mengadakan acara seminar online seperti ini. Biaya dibutuhkan dapat ditekan, karena kamu tidak perlu menyewa gedung ataupun menyiapkan konsumsi bagi peserta mengikuti webinar.

Mengadakan webinar juga bisa membuat audiens tertarik dengan akun Instagram milikmu, sebab biasanya audiens senang mencari kegiatan seperti webinar yang diselenggarakan secara gratis. Kamu bisa membahas topik berkaitan dengan bisnis, dan mengundang pengusaha atau CEO.

4.   Konten Rekomendasi

Kamu juga bisa membagikan konten rekomendasi menarik, seperti halnya tempat menarik untuk dikunjungi, rekomendasi lagu, film, buku, kelas pelatihan dan lainnya. Membagikan informasi seperti itu, akan membuat audiens merasa lebih penasaran dengan konten selanjutnya.

5.   Infografis

Konten Instagram yang menarik berikutnya ialah infografis, biasanya konsep ide seperti ini lebih berfokus untuk menampilkan visual dari konten tersebut. Masih membahas mengenai suatu informasi, namun dikemas secara sederhana dan mudah untuk dilihat.

Teknik Menemukan Konten Instagram Menarik

Diketahui bahwa terdapat beberapa teknik pencarian konten, bisa kamu lakukan agar dapat menemukan ide atau inovasi menarik. Memang tidak mudah saat kita mencari ide tersebut, pasti akan ada banyak ide bermunculan namun belum menemukan ide mana yang sesuai.

1.   Brainstorming

Konten Instagram yang menarik bisa kamu dapatkan dengan melakukan brainstorming, yaitu mengedepankan kuantitas daripada kualitas. Dalam mencari sebuah ide kreatif, kita tidak perlu menilai kualitasnya terlebih dahulu karena utamanya hanya mencari ide sebanyak-banyaknya.

Mencari ide sebanyak-banyaknya dan barulah menentukan mana ide paling menarik, dan bisa diterapkan pada akun sosial mediamu. Biasanya kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, semua anggota terlibat harus menyuarakan pendapatnya masing-masing.

Semakin banyak anggota di dalam kelompok, maka semakin banyak pula ide terkumpul dan lebih berpeluang dalam mendapatkan ide menarik. Namun ada beberapa hal perlu kamu terapkan, agar brainstorming bisa dilakukan dengan baik dan selesai tepat waktu.

Untuk mendapatkan konten Instagram yang menarik, kamu perlu menentukan batas waktu agar tidak terlalu lama waktu habis terbuang. Selain itu saat memulai sesi, maka sebutkan apa yang menjadi permasalahan utama sehingga perlu dilakukan brainstorming.

Lalu saat menyampaikan pendapat, maka tidak boleh menilai, mengkritik atau evaluasi kepada siapapun. Serta kamu perlu mendukung ide kreatif, aneh dan tidak umum, karena dengan begitu akan lebih mudah menemukan sebuah inovasi berbeda dari yang lain.

2.   Brainwriting

Teknik berikutnya adalah brainwriting, dimana konsep menemukan ide ini hampir sama dengan brainstorming, namun perbedaannya terdapat pada saat masing-masing anggota menyampaikan ide, dimana semuanya dilakukan dalam bentuk tulisan.

Berbeda dengan pencarian ide konten Instagram yang menarik sebelumnya, yaitu brainstorming dimana penyampaian ide dalam bentuk lisan, serta untuk ketetapan dan aturan tidak jauh berbeda dengan brainstorming.

Temukan Ide Bagus dan Relevan dengan Konten Sosial Mediamu

Pentingkah menentukan konten apa yang menarik? Bagaimana caranya?Menemukan ide bagus dan relevan dengan perusahaanmu, pastinya akan sangat membantu saat kamu ingin membuat konten sosial media. Tidak perlu berpikir terlalu kompleks, cobalah cari ide lebih sederhana dan bisa membekas diingatan calon konsumen.

Terkadang audiens hanya ingin sebuah konten Instagram yang menarik, namun tetap mudah dicerna dan dimengerti. Kamu tidak perlu repot-repot mencari ide terlalu rumit, terkadang yang kita pikirkanlah ternyata dibutuhkan oleh audiens tersebut.

Posisikan diri kamu sebagai audiens, kira-kira konten seperti apa ingin dilihat pada akun sosial media. Kemudian produk kamu miliki kira-kira mampu memenuhi kebutuhan klien atau tidak, sebab terkadang pebisnis tidak memosisikan dirinya sebagai konsumen juga.

Banyak sekali ide menarik apabila kamu bisa mencari inspirasi dengan tepat, tidak ada salahnya jika kamu bertanya kepada orang terdekat, kira-kira konten apa sesuai dengan produkmu. Meminta pendapat mereka, juga akan membuka ide atau inovasi di dalam dirimu.

Tidak Hanya Mampu Menarik Pelanggan, Konten Menarik Juga Memberikan Beragam Keuntungan

Mengunggah sebuah konten di dalam akun Instagram, tidak hanya agar tetap menjalin hubungan dengan para pengikutmu. Namun hal ini juga bisa mendatangkan berbagai keuntungan, salah satunya adalah menarik pelanggan dan mendapatkan kepercayaan mereka.

1.   Investasi Jangka Panjang

Membuat sebuah konten Instagram yang menarik bisa menjadi investasi jangka panjang, sebab sebuah konten bisa bertahan bertahun-tahun lamanya. Bahkan pengguna baru mengikuti akunmu saja, masih bisa melihat konten sudah lama diunggah.

Berbeda halnya jika kamu memasarkan produk menggunakan ads atau iklan, ada batas waktu tertentu sehingga iklan dipasang tidak bisa bertahan dalam waktu lama.

2.   Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Salah satu kemudahan lainnya adalah kamu bisa mendapat kepercayaan pelanggan, dimana hal ini tentu saja sulit didapat apabila kamu tidak menerapkan strategi dengan baik. Kepercayaan pelanggan tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, melainkan kamu perlu membangunnya.

3.   Traffic Meningkat

Dengan membuat konten Instagram yang menarik, maka kamu juga bisa meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung datang ke akun Instagram milikmu. Semakin banyak pengunjung website, maka semakin banyak pula peluang kamu mendapatkan konsumen.

Mempertahankan traffic website tentu tidak mudah, namun dengan membuat konten relevan dengan produk serta memberikan informasi bermanfaat, maka akan menarik lebih banyak calon konsumen untuk berkunjung ke akun Instagram milikmu.

4.   Konversi Pelanggan

Pengunjung datang ke akun Instagram milikmu, bisa saja berubah menjadi pengikut yang memberikan feedback pada setiap postingan feed, kemudian berubah menjadi pelanggan. Hal inilah perlu diterapkan oleh pebisnis, agar mereka mampu berusaha keras menarik klien.

Teknik pemasaran seperti ini tentu memiliki efektivitas tinggi, selain itu mampu bertahan dalam waktu lama yang memungkinkan perusahaan mengalami peningkatan brand awareness.

Menarik Audiens Membutuhkan Strategi Marketing

Kami rasa salah satu cara menarik audiens adalah dengan menerapkan strategi marketing, sebab kegiatan pemasaran pasti membutuhkan strategi yang tepat. Agar tidak salah dalam menerapkan strategi tersebut, maka cobalah ikuti beberapa tips berikut ini bisa membantumu.

1.   Diskusi Bersama Tim

Hal bisa kamu lakukan untuk membuat konten Instagram yang menarik adalah, berdiskusi bersama tim dalam menentukan ide mana paling cocok untuk diaplikasikan. Tentunya kamu bersama tim yang lebih paham, kebutuhan seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan mengumpulkan berbagai ide dan membahas permasalahan apa yang dihadapi, pasti akan terasa lebih mudah bagi semua pihak untuk menemukan solusi terbaik. Seperti halnya saat merencanakan strategi marketing, yang perlu dipersiapkan secara matang.

2.   Menggunakan Layanan Penyedia Jasa

Jika tidak ingin repot dalam mengurus itu semua, kamu juga bisa menggunakan layanan penyedia jasa. Saat ini banyak penyedia jasa yang menawarkan layanan tersebut, sehingga pebisnis tidak perlu merasa khawatir jika dirasa sulit menemukan ide kreatif dalam membuat konten.

Salah satu layanan penyedia jasa yang kami rekomendasikan adalah HMM, melalui layanan yang disediakan oleh Hello Monday Morning, kamu bisa menemukan berbagai layanan yang fokus utamanya berhubungan dengan digital marketing.

3.   Mengenal Kebutuhan Perusahaan

Dalam membuat konten Instagram yang menarik, kamu juga perlu mengenal kebutuhan bisnis itu seperti apa. Jangan hanya menerapkan strategi pemasaran tanpa mengetahui tujuan yang ingin dicapai, karena akan membuat semua yang kamu kerjakan menjadi sia-sia.

Ketahui dengan baik perusahaan seperti apa yang didirikan, produk atau brand apa yang menjadi ciri khas dari perusahaan dan berbagai aspek lainnya. Dengan mengenali kebutuhan perusahaan, maka akan lebih mudah bagi pebisnis menemukan konten menarik untuk dibagikan.

Pilihlah Penyedia Jasa yang Mampu Memberikan Pelayanan Terbaik

Setiap orang membutuhkan kreativitas dalam membuat konten Instagram yang menarik, ide yang muncul memang tidak semudah itu. Terlebih lagi jika kita terlalu sering membuat konten, adakalanya kita akan merasa jenuh dan sulit untuk berpikir.

Saat itulah kamu membutuhkan jasa dari HMM atau Hello Monday Morning, jasa profesional di bidang digital marketing dan menyediakan layanan sejenisnya. Kami selalu mengutamakan kepuasan konsumen, sehingga setiap klien merasa puas dengan pelayanan mereka dapat.

Jika kamu membutuhkan layanan jasa di bidang digital marketing, sudah saatnya bagi kamu untuk menghubungi HMM melalui no WA. Dengan senang hati kami akan membantu konsumen, dan mempermudah bagi mereka mencapai target diinginkan.

Sudahkah menerapkan langkah membuat konten menarik? Jika butuh lebih banyak informasi, silahkan kunjungi website resmi kami yaitu hmm.co.id, di sana pengunjung bisa melihat berbagai layanan yang tersedia.

Selain itu Hello Monday Morning selalu fokus dalam memenuhi kebutuhan perusahaan klien, seperti konten Instagram yang menarik.

Untuk mengetahui Cara Membuat Konten Instagram Menarik lebih lengkap Anda bisa melalui nomor WA dibawah ini atau mengunjungi laman hmm.co.id.

Baca juga : Jasa Konten Instagram Terbaik di Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *