Manfaat iklan Facebook untuk Startup sangat besar. Kamu pasti sudah tidak asing dengan apa itu startup. Perusahaan baru yang lebih populer melalui media online. Didukung dengan platform digital yang bisa diunduh dalam pemakaiannya.
Semakin hari semakin banyak bermunculan perusahaan seperti ini. Hadir dengan berbagai tema bisnis dan tujuan masing-masing. Ada yang fokus untuk edukasi, seperti memberikan les private pelajaran sekolah.
Ada Startup yang bergerak dalam bidang distribusi barang-barang impor. Bisnis fashion, skincare dan sebagainya. Menariknya masing-masing punya karakteristik berbeda jadi meski banyak kompetitornya tetap percaya diri dan gencar melakukan promosi.
Facebook jadi salah satu platform yang digunakan oleh perusahaan Startup untuk promosi produk dan jasa layanannya. Seperti apa mekanisme iklan di dalamnya, berikut penjelasan selanjutnya untuk kamu.
Mengenal Terlebih Dahulu Apa Itu Startup
Sebelum mempelajari manfaat iklan Facebook untuk Startup, terlebih dahulu perlu dipahami mengenai jenis usaha itu sendiri. Secara umum Startup adalah usaha baru yang belum lama beroperasi.
Bisnis ini masih dalam penelitian serta pengembangan untuk tujuan mendapatkan target pasar paling tepat. Sekarang jenis perusahaan ini identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, teknologi, web dan sejenisnya termasuk juga sosial media.
Salah satu karakteristiknya adalah sudah memiliki pendapatan kurang dari $100.000 setiap tahun. Kemudian juga usianya kurang dari 3 tahun dan jumlah pegawai yang tidak lebih dari 20 orang.
Perusahaan rintisan ini beroperasi melalui website atau platform media sosial. Sebab produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital. Ada beberapa jenis Startup sesuai dengan bidang bisnisnya.
1. Startup Game
Game online, virtual game, mobile game dan sejenisnya saat ini sedang naik daun. Hingga diselenggarakan berbagai kompetisi sebagai wadah untuk para games. Manfaat iklan Facebook untuk Startup dirasakan juga pada pengembang software game.
2. Edukasi
Populer di kalangan pelajar maupun mahasiswa, ada banyak perusahaan rintisan yang fokus dalam pendidikan. Dari memberikan les privat, Kursus bahasa, kursus programing dan masih banyak lagi.
3. E-commerce
Manfaat iklan Facebook untuk Startup paling terasa untuk E-commerce. Menyusul perubahan tren transaksi di masyarakat yang lebih suka jual beli secara online. Hingga nilai transaksi selama pandemi saja mencapai angka fantastis.
Mengapa Menggunakan Facebook untuk Startup
Manfaat iklan di Facebook untuk Startup banyak diulas, tapi mengapa harus menggunakan platform satu ini? Apakah tidak bisa dijalankan di platform lain? Berikut alasan sekaligus kelebihan mengapa perusahaan Startup menggunakan Facebook.
1. Jangkauan Promosi Lebih Luas
Manfaat iklan Facebook untuk Startup yang pertama memiliki jangkauan lebih luas dalam promosi. Kamu bisa membidik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Sebab didalamnya bisa menarget secara spesifik sebelum ditampilkan, salah satunya pengaturan wilayah.
2. Target Lebih Optimal
Dengan FB Ads kamu bisa lebih optimal menarget konsumen. Bisa diatur sesuai kelompok jenis kelamin, usia, demografi, minat dan sebagainya. Jadi besar kemungkinan closing, atau mendapatkan angka penjualan secara signifikan.
3. Biaya Iklan Lebih Terjangkau
Biaya Iklannya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan cara konvensional. Tidak perlu keluar banyak uang untuk membuat pamphlet, poster, baliho dan membayar tenaga pemasar.
Manfaat iklan Facebook untuk Startup dari segi biaya sangat besar. Sebab kamu hanya akan menghabiskan mulai dari $0,5-$1 per Iklan. Cukup diperhitungkan dengan durasi dan jadwal penayangannya.
4. Memiliki Format Lengkap
Format disini maksudnya, kamu bisa menambahkan teks sesuai tema Iklan, menambah foto, video dan sebagainya. Sehingga promosi jadi lebih menarik, tidak bosan meski ditayangkan berulang.
5. Meningkatkan Konversi
Konversi disini adalah mendorong audiens menjadi konsumen, konsumen menjadi pelanggan tetap. Dan ini tidak hanya di akun Facebook kamu saja tapi juga berimbas pada website bisnis yang kamu bangun.
Mekanisme Cara Kerja FB Ads
Manfaat iklan Facebook untuk Startup cukup besar, kamu harus tahu seperti apa mekanisme kerjanya. Pertama harus punya Fanpage terlebih dahulu. Ini jadi identitas, contoh untuk bisnis, hobi, komunitas dan sebagainya.
Mengapa Fanpage, sebab jika menggunakan akun personal atau pribadi, tidak akan leluasa untuk promosi. Dengan Fanpage apa yang kamu post bisa diiklankan. Jadi meski baru memulai, usahakan segera membuatnya.
Fanpage adalah tempat untuk pemasangan iklan. Tujuannya untuk mendapatkan respon dan interaksi dari pengguna lain. Seperti like, komen, atau langsung menuju pada halaman untuk transaksi atau pengisian formulir tertentu.
Saat pengaturannya, kamu bisa membuat campaign. Menetapkan target audiens misalnya rentang usia antara 17-35 tahun, gender khusus wanita, status pernikahan, pendidikan, agama dan sebagainya juga bisa ditentukan sendiri.
Setelahnya kamu bisa memilih campaign misalnya hanya berupa teks deskripsi bisnis dan ajakan mendaftar, bisa juga dengan video singkat. Setelah selesai membuat setting pada FB Ads, kamu diharuskan membayar.
Ada budget tersendiri seberapa besar. Ini tergantung berapa budget harian, diperhitungkan dengan banyaknya atau lamanya penayangan. Bagian ini bisa diatur mulai dari 24 jam, 1 minggu dan sebagainya tergantung dana kamu.
Selanjutnya bisa langsung dijalankan. Hasilnya nanti bisa langsung update, berapa jumlah like, komen yang kamu dapat dari iklan. Ada juga berupa formulir, ini bisa dibuka untuk mengetahui siapa saja yang tertarik dengan bisnismu.
Berbagai Manfaat Iklan Facebook untuk Startup
Lalu apa saja manfaat dari penggunaan FB Ads pada bisnis. Apakah sama dengan beriklan di platform lain? Berikut uraian apa saja yang akan kamu dapat jika menggunakan FB Ads.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Sebagai platform yang digunakan di seluruh penjuru dunia, FB efektif dalam waktu singkat meningkatkan brand awareness. Sebab jumlah penggunanya sangat besar, kamu bisa leluasa menawarkan dan mengenalkan merek.
2. Iklan Lebih Tertarget
Spesifikasi target bisa kamu atur melalui halaman Ads, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Bisa disesuaikan dengan produk dan tujuan pemasaran. Jadi lebih besar peluang closing sebab audiens adalah orang-orang yang membutuhkannya.
3. Biaya Beriklan Dapat Disesuaikan
Manfaat iklan Facebook untuk Startup lainnya adalah penyesuaian budget iklan. Bisa lebih hemat tentunya sebab diatur sendiri. Dari Rp 50.000 per hari saja sudah efektif menghasilkan interaksi dengan audiens.
4, Banyak Pilihan Format
Pilihan format beragam, kamu bisa tampil lebih kekinian menggunakan format terbaru. Seperti video animasi, atau kombinasi antara teks, audio dan video. Sehingga promosi kamu lebih menarik perhatian audiens.
5. Performa dan Hasil Terukur
Performa iklan mulai dari impression, jangkauan, jumlah klik serta biaya yang sudah terpakai semuanya terukur dan informasinya selalu update. Pemasangan tag konversi juga memungkinkan pengukuran jumlah leads yang didapat.
6. Meningkatkan Penjualan
Mengekspos brand, mengenalkan kepada masyarakat luas secara efektif akan meningkatkan angka penjualan. Ini terjadi karena dukungan a/b testing, pengukuran performa, konten berkualitas serta relevansi target.
7. Keuntungan Tidak Terbatas
Keuntungan tidak terbatas sebab jangkauan audiens lebih besar. Bisa mencakup berbagai wilayah, begitu juga dengan transaksi yang mungkin terjadi. Bisa dilakukan secara online, jadi tanpa batasan waktu, ruang dan sebagainya.
Kamu bisa konsultasikan berbagai cara promosi menggunakan platform media sosial. Dapatkan manfaat iklan Facebook untuk Startup yang menjanjikan. Ingin juga membuat FB Ads? Langsung saja kunjungi hmm.co.id atau kontak WA berikut ini.
Baca juga : Jasa Social Media Marketing untuk Bisnis UMKM