Jasa iklan perusahaan startup kini mulai banyak dicari, terutama bagi pebisnis pemula. Walaupun menjalankan strategi pengiklanan terlihat mudah, tidak sedikit pebisnis merasa kesulitan karena masih minim pengetahuan dan memang bukan ranahnya.
Akhirnya strategi pengiklanan yang dilakukan tidak mendapatkan imbal balik maksimal. Wajar saja karena memang membuat iklan agar bisa menarik perhatian para calon pelanggan tidak bisa sembarangan.
Tapi, saat memilih jasa juga perlu kecermatan, beberapa tipsnya akan diuraikan pada pembahasan berikut. Sebelum itu, pahami terlebih dahulu apa itu perusahaan startup beserta ciri-cirinya.
Penjelasan Singkat Mengenai Perusahaan Startup
Sebelum memilih jasa iklan perusahaan startup, kamu perlu memahami pengertiannya. Startup merupakan perusahaan rintisan yang pendiriannya dilakukan oleh satu maupun banyak orang dengan tujuan mengembangkan produk unik sesuai target pasar.
Untuk jenis perusahaan ini lebih banyak memakai metode online dalam proses mengenalkan atau memasarkan produknya, baik itu dalam bentuk barang maupun layanan. Potensi pertumbuhan perusahaan startup ini cukup tinggi dan pesat.
Pada saat merintis, memang bisa dikatakan cukup berat perjuangannya. Sebab, dana besar perlu dimiliki bukan hanya sebagai modal tapi juga pengembangan produk. Mengenai modal usaha, bisa kamu peroleh dari dana milik pribadi atau pihak lain.
Bisa teman, keluarga, perusahaan yang menyediakan pinjaman modal dan lain-lain. Kamu juga bisa mencari investor untuk menambah dana bisnis, tapi memang diperlukan usaha lebih supaya mereka tertarik.
Tidak heran bila akhirnya jasa iklan perusahaan startup dibutuhkan dalam upaya pengembangan bisnis. Bukan hanya akan menarik perhatian calon pelanggan saja, tapi juga investor. Sebab, ada sebagian investor mempertimbangkan banyaknya pelanggan sebelum menyetujui kesepakatan.
Inilah Beberapa Ciri Perusahaan Startup
Secara umum, perusahaan startup berhubungan erat dengan dunia teknologi. Tidak heran bila metode pemasarannya banyak dilakukan secara online. Beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki jenis bisnis ini antara lain:
- Mempunyai jumlah karyawan cenderung relatif sedikit.
- Mengutamakan disruption serta inovasi.
- Pengoperasiannya lewat platform berjenis digital.
- Budaya perusahaan yang dijalankan fleksibel dan unik.
- Dana yang diperoleh dari para investor sangat diandalkan.
- Test market atau uji pasar bisnis cenderung kecil.
- Usia berdirinya bisnis masih baru, mayoritas di bawah 4 tahun.
Usia berdiri masih baru inilah membuat jasa iklan perusahaan startup dibutuhkan. Sebab, bisnis yang masih awal perintisan tentu membutuhkan pemasaran. Bukan sembarangan pemasaran, tapi diperlukan trik atau strategi tepat.
Beberapa Trik Digital Marketing Cocok untuk Perusahaan Startup
Trik dalam digital marketing atau pemasaran secara online beragam dan masing-masing memiliki keunggulannya. Untuk perusahaan startup, ada beberapa trik digital marketing yang cocok diterapkan.
Pertama, trik pada Google Ads atau bisa disebut juga dengan Pay Per Click (PPC). Trik marketing satu ini berfungsi menghasilkan calon pelanggan yang telah siap untuk menggunakan atau membeli produk.
Keunggulan dari Google Ads yaitu calon pelanggan bisa dijangkau dengan tepat memakai iklan sesuai. Keunggulan lain adalah adanya fitur analytics yang bisa dipakai untuk proses evaluasi bisnis startup. Kamu bisa menggunakan jasa iklan perusahaan startup Google Ads bila perlu.
Kedua, trik marketing menggunakan sosial media. Trik ini bisa dipakai bila mayoritas pelanggan produk memakai sosial media. Pastikan terlebih dahulu jenis sosial media apa yang cocok diterapkan untuk perusahaan startup kamu supaya aktivitas pemasaran lebih optimal.
Biasanya sosial media yang dipakai tergantung dari target sasaran. Apakah usia target yang dituju termasuk muda dengan model business to customer (B2C) atau kalangan profesional dengan model business to business (B2B).
Bila rentang usia sasaran masih muda, kamu bisa memakai Instagram. Bila kalangan profesional, Linkedin dan Facebook bisa menjadi alternatif pilihan. Tapi, tetap sesuaikan dengan kondisi bisnis dan market yang kamu jalankan.
Supaya memberikan hasil lebih optimal, kamu bisa menggunakan jasa iklan perusahaan startup khusus sosial media. Ketiga, trik email marketing dengan cara memberikan newsletter, penawaran khusus serta welcome email.
Trik keempat adalah content marketing, salah satu metode yang wajib dilakukan oleh para pemilik perusahaan startup. Melalui trik ini kamu bisa mengenalkan produk serta mempromosikannya.
Berbagai Tips Memilih Jasa Iklan Perusahaan Startup
Tidak semua pemilik bisnis startup mengetahui cara mengiklankan produknya dengan baik. Kondisi ini wajar, apalagi bagi pebisnis baru merintis, sehingga diperlukan jasa. Bagi kamu yang sedang mencari jasa iklan berkualitas, coba terapkan beberapa tips ini:
1. Perhatikan Informasi Kontak
Tips memilih jasa iklan perusahaan startup pertama, perhatikan informasi kontak yang dimiliki. Pastikan bahwa informasi kontaknya jelas agar saat menjalin komunikasi lancar dan tidak terkendala.
Selain itu, mengetahui kejelasan informasi kontak merupakan salah satu upaya untuk menjauhkan diri dari penipuan. Informasi kontak bisa berupa nomor telepon, sosial media serta alamat resmi dari penyedia layanan.
Kecepatan respons dari penyedia layanan juga bisa menjadi pertimbangan penting. Sebab, dalam menjalin kerja sama, ada kemungkinan mengalami kendala. Bila penyedia jasa dihubungi sulit, tentu akan menghambat aktivitas yang perlu kamu jalankan.
2. Kunjungi Situs Resminya
Tips selanjutnya, kunjungi situs resmi jasa iklan perusahaan startup yang hendak kamu pilih. Situs resmi ini bisa dijadikan salah satu tolok ukur atau bahan pertimbangan mengenai profesionalitas penyedia layanan.
Mencermati tampilan website pemilik layanan penting dilakukan, apakah asal-asalan atau dibuat dengan rapi dan menarik. Dari sinilah kamu bisa melihat apakah jasa tersebut profesional dan berkualitas atau tidak.
Sebab, biasanya jasa berkualitas akan memberikan tampilan tampak profesional. Hal ini akan menjadi daya tarik calon pelanggan nantinya saat mengunjungi situs. Selain itu, juga sebagai penentu keputusan apakah ingin memakai layanan atau tidak.
3. Pertimbangkan Jasa yang Memberikan Report
Saat memilih jasa iklan perusahaan startup, pertimbangkan yang memberikan report atau laporan. Jadi, kamu bisa mengetahui seberapa pengaruh strategi iklan yang sudah diterapkan oleh jasa tersebut.
Akan menjadi percuma bila strategi yang mereka lakukan ternyata tidak memberikan hasil optimal, sedangkan kamu tetap harus membayar. Bukannya memperoleh untung malah berpotensi merugi karena harus mengeluarkan uang tanpa ada imbal balik positif.
Inilah pentingnya memilih jasa iklan yang memiliki strategi supaya produk tetap sasaran. Ingat ya, walaupun jasa mengklaim memberikan hasil memuaskan, kamu perlu melakukan monitoring atau pengawasan.
4. Pilih Jasa yang Memiliki Reputasi Baik
Tips terakhir adalah pilih jasa iklan perusahaan startup dengan reputasi baik. Mengenai reputasi bisa kamu lihat dari hasil portofolio atau testimoni para pelanggan yang sudah pernah menggunakan layanan.
Bila para pelanggan banyak yang memberikan testimoni positif, berarti jasa tersebut rekomended untuk digunakan. Bila sebaliknya, kamu bisa mempertimbangkan ulang dan menyiapkan alternatif lain.
Jangan sampai akhirnya kecewa hanya karena salah memilih jasa iklan. Bila reputasinya buruk, bukan hanya kecewa saja, tapi potensi mengalami kerugian juga besar. Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu.