cara meningkatkan engagement rate di TikTok

Cara Meningkatkan Engagement Rate di TikTok

Cara meningkatkan engagement rate di TikTok memang bukan perkara mudah. Sebab, kamu memerlukan konsistensi dalam membuat konten menarik di platform ini agar mendapatkan perhatian banyak pengguna TikTok.

TikTok sendiri merupakan platform sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan konten berupa video pendek. Sehingga, tidak membosankan dan bisa menghibur.

Menariknya, konten pada platform ini tidak hanya menghibur tapi beberapa orang menggunakannya untuk sarana edukasi. Misalnya saja edukasi kesehatan, memasak, informasi pendidikan, dan masih banyak lagi.

Konten kreator juga menggunakan berbagai cara meningkatkan engagement rate di TikTok agar akunnya banyak pengunjung dan selalu ramai. Misalnya dengan mengemas konten videonya menjadi lebih menarik dan unik.

Kamu bisa memanfaatkan fitu filter, musik-musik yang sedang hits, atau sound effect lucu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit video sendiri agar bisa diatur sesuai keinginan.

Tidak hanya secara konten untuk meningkatkan engagement rate TikTok, kamu juga bisa menggunakan berbagai cara lainnya. Nah, untuk mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Engagement Rate di TikTok?

Engagement rate (ER) TikTok merupakan metrik atau indikator besar kecilnya interaksi yang terjadi pada akun TikTok. Indikator ini sering digunakan dalam mengukur performa popularitas suatu akun sosial media.

Jadi jangan heran jika banyak influencer yang melakukan berbagai cara meningkatkan engagement rate di TikTok. Sebab, semakin tinggi engagement rate artinya akun tersebut semakin populer.

Engagement rate yang dimiliki akun TikTok sangat berperan penting dalam beberapa aspek, terutama jika pemilikinya adalah selebriti, influencer, atau pemilik usaha. Berikut ini adalah beberapa peran penting engagement rate:

  1. Untuk menilai pengalaman pengguna TikTok saat menemukan akun kamu. Semakin tinggi nilainya, maka pengguna TikTok menyukai jenis konten yang kamu buat dan sebaliknya.
  2. Untuk melihat seberapa efektifnya campaign untuk berbagai isu atau bisnis. Jika konten berisi campaign memiliki nilai engagement rate tinggi, maka banyak masyarakat yang tertarik dengan campaign tersebut.
  3. Pentingnya cara meningkatkan engagement rate di TikTok juga untuk memantau kinerja kompetitor, terutama dalam hal bisnis. Dengan demikian, kamu bisa menganalisa produk dan cara marketing kompetitor.
  4. Engagement rate dapat digunakan dalam strategi digital marketing yang menarik dan populer. Jadi produk yang dijual oleh akun dengan engagement rate tinggi berpotensi lebih laku dan menguntungkan.

Setelah mengetahui pentingnya ER, maka kamu sekarang bisa paham kenapa banyak orang yang mati-matian ingin akun TikToknya. Belum lagi saat ini kompetisi dalam platform sosial media tersebut sangat tinggi.

Apa Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Engagement Rate TikTok?

Sebelum kamu melakukan cara meningkatkan engagement rate di TikTok, pastikan kamu mengetahui apa faktor yang mempengaruhi tingginya nilai ER. Dengan demikian, kamu bisa memilih ingin ditinggikan dari aspek yang mana.

Faktor ini erat kaitannya dengan interaksi antara pemilik akun TikTok dengan audiens yang menikmati kontennya. Mulai dari jumlah komentar, like, share, followers, dan jumlah penonton kontennya.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulasnya satu persatu faktor yang mempengaruhi tingginya engagement rate TikTok tersebut. Faktor pertama yang mempengaruhi engagement rate adalah komentar.

Komentar merupakan interaksi yang dapat dilakukan secara langsung antara audiens dan pemiliki akun. Mendapatkan banyak komentar juga menjadi salah satu cara meningkatkan engagement rate di TikTok.

Faktor kedua adalah jumlah like yang diterima pada setiap postingan yang kamu buat. Semakin banyak jumlah like, maka nilai engagement rate juga akan semakin tinggi.

Faktor ketiga adalah jumlah share yang dilakukan audiens terhadap konten kamu. Semakin banyak jumlah share, maka peluang interaksi dengan audiens juga semakin tinggi.

Oleh sebab itu, nilai engagement ratenya juga akan semakin tinggi pula. Faktor ketiga adalah jumlah follower akun kamu, semakin tinggi maka semakin baik.

Banyak orang yang melakukan cara meningkatkan engagement rate di TikTok dengan berusaha terus menambah jumlah followernya. Bahkan, tidak jarang ada yang membelinya pada pihak ke tiga.

Faktor keempat yang dapat mempengaruhi nilai engange ment rate adalah jumlah penonton. Semakin banyak orang yang menonton konten kamu, maka indikator tersebut juga akan meningkat nilainya.

Untuk mengetahui nilai engagement rate TikTok, kamu bisa menggunakan perhitungan konvensional atau menggunakan layanan website tertentu.

Apa Keuntungan Engagement Rate TikTok Tinggi?

Memiliki akun dengan engagement rate tinggi, ternyata memberikan banyak sekali keuntungan. Tidak heran banyak yang melakukan berbagai macam cara meningkatkan engagement rate di TikTok.

Bahkan, mereka tidak akan segan mengeluarkan banyak uang agar akunnya bisa memiliki ER tinggi. Mungkin kamu juga sudah mengetahui apa saja keuntungannya, tapi kami akan memerikan penjelasan lengkapnya berikut ini:

  1. Akun TikTok lebih mudah dimonetisasi, sehingga kamu akan mendapatkan banyak uang dari akun tersebut. Ini menjadi alasan utama kenapa banyak sekali tiktoker yang getol meningkatkan popularitas akunnya.
  2. Lebih mudah membuka jasa endorsment dengan berbagai jenis klien. Sebab, akun yang memiliki engagement rate tinggi dianggap dapat mempengaruhi audiens untuk membeli produk yang dimiliki klien.
  3. Menambah teman sesama selebriti TikTok atau teman-teman dari audiens. Sehingga, kamu akan memiliki jaringan pertemanan yang luas. Alasan ini yang membuat banyak orang melakukan cara meningkatkan engagement rate di TikTok.
  4. Membuka jalan untuk merambah ke dunia pertelevisian dan menjadi artis nasional. Seperti yang diketahui bahwa saat ini banyak stasiun tv yang mengundang seleb TikTok viral dan populer.
  5. Mendapatkan berbagai ‘privillage’ di beberapa tempat karena dianggap terkenal. Misalnya mendapat pelayanan khusus, diskon khusus, dan masih banyak lainnya.
  6. Bisa berkolaborasi dengan artis terkenal, baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini tentu menjadi impian banyak orang.

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Rate di TikTok?

Jika kamu tertarik dan ingin menjadi salah satu seleb TikTok, maka persiapkan sekarang juga. Meski mendapatkan nilai engagement yang tinggi terbilang tidak mudah, tapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan engagement TikTok paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja:

1. Menentukan Niche Konten Menarik

Cara pertama adalah kamu harus menentukan niche konten yang menarik dan disukai oleh banya orang. Niche adalah tema atau genre konten yang akan kamu sampaikan kepada audiens.

Contoh niche yang paling banyak diminati adalah masak, edukasi, game, komedi, dan story telling.

2. Konsisten dengan Niche Konten yang Ditentukan

Salah satu cara meningkatkan engagement rate di TikTok yang haru kamu lakukan adalah konsisten terdap niche. Sebab, niche bisa menjadi branding untuk akun kamu.

Misal niche yang dipilih adalah edukasi matematika. Maka, saat follower memiliki masalah pada matematika akan mengunjungi TikTok kamu.

3. Buat Konten Kreatif dan Menghibur

Audiens TikTok sangat menyukai konten yang menghibur. Oleh sebab itu, kamu harus membuat konten kreatif dan menghibur agar audiens merasa tertarik menonton konten kamu.

4. Buat Konten Secara Rutin

Agar terus ada interaksi dengan audien yang menjadi cara meningkatkan engagement rate di TikTok, maka kamu harus membuat konten secara rutin. Saat ada konten baru, audiens berpeluang besar akan berkomentar dan memberikan like baru.

5. Gunakan Jasa Digital Marketing Agency Media Sosial

Cara berikutnya yang terbilang mudah, efektif, dan efisien adalah dengan menggunakan jasa digital agency. Dengan jasanya, kamu akan mendapatkan konsep konten yang matang, timeline konten, dan pemasaran akun.

Dengan begitu, akun tiktok kamu akan mendapatkan engagement rate yang tinggi. Salah satu perusahaan digital marketing agency media sosial terbaik adalah Hello Monday Morning.

Kami memberikan berbagai layanan menarik untuk kamu dan pastinya dapat meningkatkan engagement rate dengan cepat dan mudah. Harga layanan yang kami tawarkan juga terjangkau, lho.

Segera kunjungi kami di hmm.co.id atau hubungi no WA +62 877-9296-1299 untuk mengetahui informasi selengkapnya. Hello Monday Morning akan membuat cara meningkatkan engagement rate di TikTok lebih mudah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *