jasa social media management untuk perusahaan

Jasa Social Media Management untuk Perusahaan

Kehadiran jasa social media management untuk perusahaan sangat penting. Terutama pebisnis yang lebih fokus memasarkan produknya melalui platform-platform digital. Perlu kamu ketahui bahwa pemasaran melalui platform digital berbeda dari metode konvensional.

Jika kamu berbisnis dengan mengandalkan sosial media, perlu memperhatikan strategi untuk mencapai citra merek. Promosi melalui jalur online harus lebih unik dan komunikatif. Setiap pebisnis dituntut untuk selalu kompetitif.

Persaingan bisnis semakin ketat setiap hari. Pebisnis makin inovatif dalam menciptakan produk serta konsep promosinya. Jika tidak ingin tenggelam, maka harus menyesuaikan iklim persaingan dengan memanfaatkan jasa social media management untuk perusahaan.

Pengertian Sosial Media Management

Social media management merupakan proses atau cara mengenalkan merek atau brand terhadap para pengguna media sosial. Dalam pelaksanaannya sangat beragam, seperti membagikan content, memakai aplikasi, dan jasa pihak ketiga profesional.

Jasa social media management untuk perusahaan juga penting, sebab akan memudahkan kamu untuk membagikan konten di platform pilihan. Sehingga promosi dan aktivitas penjualan lebih efektif dan efisien.

Banyak hal masuk dalam kategori aktivitas sosial media management misalnya ketika menjadwalkan posting, berinteraksi dengan target audience, mengelola respon yang cepat pada media sosial, dan lain sebagainya.

Disini diperlukan tools, perangkat lunak, aplikasi atau layanan tertentu. Sehingga tujuan para pebisnis dalam membagikan konten bisa tercapai secara maksimal. Untuk hal ini kamu tidak perlu menguasai masing-masing tools percayakan saja pada pihak ketiga.

Penyedia layanan tersebut nantinya akan menerapkan beberapa aktivitas mulai dari menjadwalkan waktu posting di media sosial, melakukan interaksi dengan target audience, sampai mengelola respon.

Lalu bagaimana mengetahui hasilnya? Pihak penyedia jasa social media management untuk perusahaan akan memberikan laporan. Mulai dari perancangan konten, desain hingga optimasi engagement.

Selanjutnya pebisnis hanya cukup fokus mengembangkan produk dan kualitas layanan sesuai respon konsumen. Jadi usaha online yang kamu rintis lebih cepat berkembang karena dikenal secara luas melalui internet.

Pentingnya Jasa Social Media Management untuk Perusahaan

cara branding produk di Instagram untuk startup

Saat ini masih banyak pebisnis belum begitu aware terhadap pentingnya mengelola platform digital yang digunakan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis bila mereka mampu menerapkannya.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Efektif meningkatkan kesadaran audiens akan keberadaan brand kamu di media sosial. Dengan begitu usaha yang kamu jalankan lebih cepat berkembang. Tentu dengan dukungan konten menarik, produk berkualitas dan target market jelas.

2. Media Promosi, Informasi, dan Berita

Promosi paling mudah menggunakan platform digital. Cukup buat desain produk, deskripsi, tulisan persuasive menarik, kemudian upload. Dalam hitungan detik, sudah banyak yang akan membaca update tersebut.

Langkah promosi ini lebih murah, tanpa membayar tenaga pemasar. Lebih cepat karena hanya dalam beberapa menit saja sudah bisa berjalan. Dan tentu saja tidak perlu effort tenaga berlebih.

3. Meningkatkan Angka Penjualan

Jasa social media management untuk perusahaan efektif meningkatkan angka penjualan. Mekanismenya dimulai dari menarik perhatian audiens. Lalu mengkonversinya menjadi konsumen, lanjut menjadi pelanggan tetap.

4. Memperkenalkan Perusahaan

Salah satu fungsi interaksi secara online melalui berbagai platform digital adalah untuk memperkenalkan bisnis. Sehingga lebih banyak orang tahu bahwa kamu memiliki produk bagus dan berkualitas.

Tujuan memperkenalkan bisnis secara luas ini makin efektif jika kamu menggunakan jasa social media management untuk perusahaan. Kamu cukup menentukan batasan target audiens saja.

5. Menunjukkan Kualitas Perusahaan

Brand personality sangat penting dan mendukung eksistensi sebuah perusahaan. Bukan hanya kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadapnya saja. Tapi juga kredibilitas perusahaan sendiri.

Tools yang Digunakan untuk Social Media Management

Rata-rata perusahaan apapun levelnya saat ini sudah memiliki akun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, LinkedIn, dan sebagainya. Dari sinilah pengelolaan dilakukan oleh pihak ketiga dengan menggunakan tools tertentu.

1. HootSuite

HootSuite adalah tools yang dipakai jasa social media management untuk perusahaan paling populer. Tools ini bisa dipakai untuk menjadwal postingan, membalas pesan, memantau jumlah traffic.

2. Buffer

Buffer juga sama, bisa dipakai untuk menjadwal postingan konten, bahkan seminggu kedepan. Karena terjadwal, kamu bisa lebih santai sebab akun bisnis di IG, Facebook dan sebagainya akan update otomatis.

3. SocialOomph

SocialOomph bisa meningkatkan performa akun bisnis karena banyaknya layanan yang disediakan. Seperti melacak kata kunci, auto follow, dan banyak lagi. Memudahkan kamu dan jasa social media management untuk perusahaan.

4. Tweepi

Tweepi identik dengan pengguna Twitter khususnya untuk Twitter Bisnis. Cara kerjanya dengan meningkatkan jumlah follower serta mengelolanya. Semakin banyak follower semakin besar kemungkinan closing saat promosi.

5. Social Bro

SocialBro menyajikan data dan analisa yang komprehensif. Kamu jadi lebih mudah meningkatkan penjualan, pendapatan atau mempromosikan berbagai ide melalui Twitter. Termasuk membuat agenda kampanye marketing melibatkan follower relevan.

6. Crowdbooster

Membantu melihat tingkat efektivitas kampanye dengan dasbor yang intuitif. Contoh fitur pelaporan waktu secara realtime, dimana akan menawarkan data terkini terkait siapa saja yang terlibat langsung dengan akun kamu.

7. BuzzSumo

BuzzSumo mampu memberikan data mengenai topik yang sedang tren di seluruh channel media sosial. Kamu bisa melakukan analisis data dari rentang waktu tertentu, dari 12 jam bahkan beberapa bulan sebelumnya.

Tips Memilih Jasa Social Management untuk Perusahaan

Cara Branding Produk di Instagram untuk Bisnis

Begitu pentingnya pengelolaan yang tepat dalam bisnis online, kamu harus memilih penyedia jasa paling berkompeten di bidang tersebut. Di bawah ini adalah tips supaya kamu tidak tertipu jasa abal-abal.

1. Cek portofolio perusahaan

Periksa langsung kualitasnya lewat portofolionya, minimal kamu tahu seperti apa background perusahaan. Berapa lama perusahaan tersebut sudah berdiri, seperti apa konsistensinya serta aktivitas paling update.

2. Menganalisa website perusahaan

Analisa disini maksudnya secara sederhana saja. Misalnya apakah pihak ketiga penyedia jasa social media management untuk perusahaan tersebut aktif membuat konten. Apakah kontennya menarik dan kekinian?

Jika masih aktif dan terus update mengikuti tren, bisa jadi salah satu jaminan bahwa penyedia jasa tersebut kredibel dan berkualitas. Kamu bisa membandingkannya juga dengan jenis jasa serupa.

3. Lihat jasa apa sajakah yang disediakan

Karena cakupan kerjanya cukup luas, kamu harus memeriksa juga apa saja yang disediakan. Misalnya apakah hanya content berupa teks, atau sekaligus desain gambar produk dan sebagainya.

Terkait perencanaan konten bisnis, apakah ada record hasil yang sudah didapat? Ini juga penting, jadi kamu tahu apakah jasa social media management untuk perusahaan tersebut melakukan tugas secara lengkap.

4. Review serta testimoni klien sebelumnya

Review dari pengguna jasa sebelumnya sangat berarti dalam penilaian. Baik positif maupun negatif nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Meski dalam hal ini relatif tergantung standar masing-masing klien.

Jika ada masukan dari klien sebelumnya misalnya terdapat kekurangan, perlu juga jadi bahan pertimbangan sebelum memilih. Pastinya semakin banyak review positif menunjukkan tingkat kepuasan konsumen tinggi, sebanding dengan kualitas layanan.

5. Tarif atau harganya

Penting juga memperhatikan tarif jasa yang ditentukan. Apakah standar-standar saja, lebih murah, lebih mahal, ini perlu jadi pertimbangan. Pastinya untuk kualitas tidak ada batasan mahal dan murah, selama masih wajar seperti harga pasar tidak akan jadi masalah.Tidak perlu bingung, kebutuhan perusahaan kamu cukup percayakan saja pada Hello Monday Morning.

Hubungi langsung melalui no WA dibawah ini atau website hmm.co.id dan dapatkan informasi lengkap mengenai jasa social media management untuk perusahaan.

Baca juga : Jasa Social Media Marketing untuk Bisnis UMKM

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *