Jasa Iklan Perusahaan Bisnis UMKM

Jasa Iklan Perusahaan Bisnis UMKM

Era digital seperti sekarang ini berdampak terhadap berbagai aspek, salah satunya semakin marak bermunculan penyedia jasa iklan perusahaan bisnis UMKM. Sebenarnya metode pemasaran ada banyak, tidak hanya digital saja.

Tapi, pada kenyataannya metode digital marak digunakan karena lebih efektif dan efisien. Bukan hanya menghemat waktu dan tenaga, tapi juga pengeluaran. Bisa diterapkan untuk berbagai jenis usaha, termasuk UMKM.

Tidak sedikit UMKM awalnya memiliki skala kecil berubah menjadi besar karena strategi pemasarannya tepat. Bila tidak bisa melakukannya sendiri kamu bisa menggunakan jasa. Ada strategi yang biasanya dilakukan oleh jasa iklan sebagaimana pada pembahasan berikut.

Penjelasan Singkat Mengenai Bisnis UMKM Beserta Contohnya

Sebelum membahas strategi jasa iklan perusahaan bisnis UMKM, ketahui pengertiannya terlebih dahulu. UMKM merupakan usaha yang dijalankan oleh badan usaha, rumah tangga maupun individu dengan omzet tidak lebih dari 500 juta setiap tahunnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa hasil pendapatannya termasuk kategori kecil. Bila dibandingkan dengan perusahaan yang skalanya sudah besar, UMKM memang pendapatannya berbeda jauh. Tapi, banyak orang yang merasa cocok menerapkan usaha jenis ini karena alasan tertentu.

Seperti, kemudahan melakukan inovasi karena birokrasi yang perlu dilakukan tidak terlalu rumit. Ada banyak contoh bisnis yang termasuk ke dalam kategori ini, salah satunya bidang kuliner, bisa berbentuk makanan maupun minuman.

Makanan dan minuman yang enak akan menarik perhatian calon pelanggan. Tapi, kamu perlu memperkenalkannya melalui penggunaan jasa iklan perusahaan bisnis UMKM. Bukan hanya memperkenalkan, penyedia jasa akan membantu mempromosikan bisnis kamu.

Contoh lainnya yaitu bisnis kosmetik dan skincare, furniture, fashion dan masih banyak lainnya. Adanya jenis usaha berskala kecil ini bukan hanya menguntungkan pemerintah tapi juga masyarakat sekitar karena menambah lapangan pekerjaan.

Inilah Beberapa Ciri Perusahaan Bisnis UMKM

Sebenarnya tidak sulit membedakan apakah jenis perusahaan tersebut termasuk skala besar atau kecil. Bagi kamu yang masih bingung mengenali, beberapa ciri perusahaan bisnis UMKM diantaranya:

  1. Secara umum belum mempunyai surat izin usaha sebagai bukti legalitas, termasuk salah satunya NPWP.
  2. SDM atau Sumber Daya Manusia yang ada belum memiliki jiwa wirausaha mumpuni.
  3. Tingkat pendidikan SDM yang dimiliki umumnya masih rendah.
  4. Jenis produk yang dipakai sifatnya bisa berubah kapanpun alias tidak tetap.
  5. Belum menerapkan sistem administrasi, laporan keuangan usaha dengan pribadi terkadang masih tercampur.
  6. Lokasi atau tempat menjalankan bisnis dapat berubah sewaktu-waktu.
  7. Biasanya, pelaku usaha jenis ini belum mempunyai akses perbankan, sebagian sudah mempunyai akses ke pihak lembaga keuangan non bank.

Memang bisnis UMKM tidak selalu memiliki semua karakteristik atau ciri tersebut. Tapi, biasanya ada beberapa point yang masuk. Walaupun skalanya kecil, bukan berarti jasa iklan perusahaan bisnis UMKM tidak diperlukan karena merupakan salah satu upaya pengembangan.

Jenis Perusahaan Bisnis UMKM Penting Diketahui

Dasarnya, UMKM terbagi menjadi tiga jenis, yaitu mikro, kecil serta menengah. Pembagian ini menyesuaikan dengan jumlah aset beserta omzet. Jenis pertama adalah usaha mikro, di mana kekayaan bersih atau aset maksimal yang dimiliki 50 juta.

Penghitungan ini tidak termasuk bangunan atau tanah tempat usaha. Jadi, omzet tahunannya memiliki nilai tidak lebih dari 300 juta atau 25 juta setiap bulannya. Beberapa contoh usaha yang masuk kategori mikro yaitu pedangan asongan, warung kopi dan pangkas rambut.

Akan berbeda tentu saja penerapan strategi jasa iklan perusahaan bisnis UMKM kategori paling kecil ini dengan yang lain. Menyesuaikan dengan target sasaran dan kondisi dari lingkungan.

Jenis ini biasanya dijalankan oleh diri sendiri atau dibantu orang terdekat. Bila memerlukan karyawan, biasanya berjumlah sedikit yaitu tidak lebih dari lima orang. Pebisnis mikro belum menerapkan sistem administrasi keuangan yang cenderung rumit.

Jenis kedua yaitu usaha kecil, di mana kekayaan bersihnya memiliki nilai berkisar antara 50 hingga 500 juta, tidak meliputi bangunan dan tanah. Sedangkan omzet tahunannya lebih dari 300 juta hingga maksimal 2,5 miliar.

Beberapa contoh bisnis yang masuk ke dalam jenis ini yaitu fotokopi, restoran kecil, bengkel motor dan katering. Kamu bisa menggunakan jasa iklan perusahaan bisnis UMKM menengah untuk mengembangkannya menjadi skala lebih besar.

Pebisnis jenis satu ini biasanya dilakukan oleh perorangan yang mempunyai modal cukup besar. Jenis ketiga, usaha menengah mempunyai jumlah kekayaan bersih lebih dari 500 juta sampai maksimal 10 miliar.

Sedangkan untuk omzet tahunannya mencapai lebih dari 2,5 miliar sampai maksimal 50 miliar. Beberapa contoh usahanya yaitu toko bangunan, pembuat roti dan restoran besar. Pengelolaan keuangan jenis ini tentu saja lebih profesional dan sudah mempunyai legalitas.

Strategi Jasa Iklan Perusahaan Bisnis UMKM dalam Memasarkan Produk

Jenis memang mempengaruhi strategi yang jasa iklan perusahaan untuk bisnis UMKMnantinya lakukan. Bisa semua strategi cocok atau hanya beberapa saja, menyesuaikan dengan situasi. Beberapa strategi yang biasanya dilakukan dalam memasarkan produk antara lain:

1. Membuat Promo Menarik

Strategi jasa iklan perusahaan bisnis UMKM pertama yaitu membuat promo supaya menarik perhatian para calon pelanggan. Bentuk promo ini beragam, bisa diskon atau potongan harga, cash back, kupon hadiah dan lain-lain.

Biasanya promo akan diberikan pada momen tertentu, seperti lebaran, tahun baru, harbolnas, ramadhan dan hari-hari penting lain. Mengenai konsepnya sendiri menyesuaikan dengan momen yang sedang berlangsung.

Jasa iklan perusahaan bisnis UMKM biasanya akan meningkatkan urgensi waktu dengan memberikan durasi promo. Jadi, promo diberikan pada jangka waktu tertentu saja, bisa harian, mingguan maupun beberapa jam saja seperti flash sale.

Metode ini akan membuat calon pelanggan lebih tertarik untuk segera membeli supaya tidak ketinggalan. Pemberian batasan bukan hanya waktu saja, tapi bisa juga jumlah pelanggan yang dapat memperoleh promo tersebut.

2. Menetapkan dengan Jelas Tujuan Iklan

Strategi berikutnya yaitu menetapkan tujuan iklan dengan jelas. Misalnya jenis bisnis yang kamu miliki berhubungan dengan fashion. Penyedia jasa akan membantu memperkenalkan pakaian keluaran terbaru kepada para calon pelanggan.

Jadi, tujuan pembuatan iklan nantinya fokus pada aspek tersebut. Bila masih belum memahami mengenai tujuan ini, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa iklan perusahaan bisnis UMKM yang dipilih mengenai bagaimana baiknya.

3. Dijalankan Secara Konsisten

Segala sesuatu itu akan memberikan hasil ketika diterapkan dengan konsisten. Bila sudah bekerja sama dengan jasa iklan, konsistensi ini akan terjamin. Asalkan jasa yang kamu pilih memang berkualitas dan terpercaya.

Konsisten yang dimaksud meliputi berbagai aspek. Salah satunya saat melakukan promosi, buat konten menarik dan tidak lupa dengan mengevaluasinya. Evaluasi ini bertujuan agar konten yang dihasilkan semakin lebih baik dan berkualitas.

4. Membuat Marketing Online

Strategi yang biasanya dilakukan oleh jasa iklan perusahaan bisnis UMKM terakhir yaitu membuat marketing online. Berbagai jenis metode promosi produk melalui marketing online ini., seperti Google Ads, sosial media, konten maupun video.

Bisa juga dengan memanfaatkan email atau digital platform lainnya. Tidak semua jenis platform cocok untuk segala bisnis, sehingga menyesuaikan saja, biasanya tergantung dari lingkup target sasaran.

Kamu sedang mencari jasa iklan untuk perusahaan bisnis UMKM? Hello Monday Morning memberikan solusinya.

Kunjungi laman resmi jasa iklan perusahaan bisnis UMKM ini di hmm.co.id atau hubungi nomor WA 0877-9296-1299 untuk berkonsultasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *