cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya

Cara Meningkatkan Engagement Rate di Youtube Terpercaya

Bagi kamu yang ingin menjadi Youtuber dan konten kreator, maka perlu tahu bagaimana cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya. Sebab, hal ini menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan kamu.

Seperti yang diketahui bahwa Youtube merupakan salah satu platform sosial media untuk membagikan video. Berbeda dari platform lain, durasi maksimal dan minimal di video ini tidak terbatas.

Sehingga, kamu lebih fleksibel dalam membuat berbagai konten. Salah satu alasan engagement rate Youtube sangat penting adalah agar kamu bisa lebih mudah memonetisasinya.

Atau dengan kata lain, agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang dari konten-konten tersebut. Akun Youtube yang ramai, akan lebih mudah dimonetisasi dan berpeluang mendapatkan penghasilan lebih besar.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara meningkatkan engagement rate di Youtube. Tentunya hal ini tidak mudah, ada beberapa cara yang pelu kamu lakukan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas 4 cara untuk meningkatkan engagement rate Youtube yang mudah dan terbukti. Simak selengkapnya berikut ini.

Meningkatkan Engagement Youtube dengan Konten Berkualitas

Setiap penonton youtube tentunya ingin menonton video yang berkualitas dan menarik. Kualitas konten dalam video Youtube dibagi menjadi dua, yaitu kualitas secara isi videonya dan kualitas tampilannya.

Kualitas isi video ini mencangkup kelengkapan informasi yang disampaikan dan bagaimana cara penyampaiannya. Artinya adalah video yang berkualitas harus mengandung informasi lengkap dan mudah dipahami.

Hal ini sangat ampuh untuk meningkatkan engagement rate di Youtube. Kamu bisa menyampaikan video dengan metode story telling, menggambarkannya dengan animasi, atau metode menarik lainnya.

Tapi, pastikan audiens yang menonton video tersebut paham dengan apa yang kamu sampaikan. Selain itu, pastikan kamu menyampaikan informasi yang kredibel dan terpercaya.

Jangan hanya asal menyampaikan informasi, apa lagi informasi hoax. Selalu cek dan re-cek kebenaran informasi yang akan dimuat dalam video youtube.

Untuk kualitas tampilan video sendiri mencangkup beberapa hal, di antaranya adalah kualitas editing. Proses ini juga mencangkup beberapa aspek di antaranya adalah cutting, pemberian efek, hingga memilih filter yang tepat.

Mengedit video dengan bagus dan menarik dapat menjadi cara meningkatkan engagement rate Youtube. Kamu bisa menggunakan beberapa tools editing dasar untuk video Youtube, yaitu:

  1. Adobe Premier Pro, tools ini memiliki banyak fitur menari yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas video kamu. Tools satu ini juga banyak digunakan oleh youtuber dan video editor profesional.
  2. Adobe Premier Elements, sangat mudah digunakan dan jauh lebih sederhana dari Premier Pro. Tapi jangan salah, sebab hasil editingnya tidak kalah bagus dari versi Pro.
  3. Filmora dan FilmoraGo merupakan tools edit video yang memiliki banyak fitur keren. Selain itu, tools ini juga dapat diperoleh secara gratis.

Meningkatkan Engagement Youtube dengan Menambahkan CTA

Cara meningkatkan engagement rate Youtube berikutnya adalah dengan menambahkan CTA (Call to Action). CTA sendiri merupakan sebuah sesi khusus dalam video Youtube yang mendorong penonton untuk subscribe.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajak penonton untuk berdiskusi atau memberi saran. Dengan demikian, tingkat interaksi antara kamu dan audiens semakin meningkat. Pastinya, meningkatkan Engagement Rate juga.

Tidak hanya yang disebutkan di atas saj, jenis-jenis CTA dalam youtube juga ternyata macam-macam. Masing-masing bisa memberikan dampaknya tersendiri terhadap engagement rate.

Selain itu, dengan penempatan yang tepat, kamu juga bisa menggunakan semua jenis CTA ini dalam satu video. Berikut selengkapnya:

1. CTA di Awal Video

Cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya dengan memanfaatkan CTA di awal video. Tampilan CTA di awal video ini berupa sesi khusus sebelum isi konten berupa subscribe, like, coment, dan share.

2. Menyarankan Video Lainnya

Meningkatkan engagement rate di youtube juga bisa dengan cara menyarankan video lainnya. Format ini biasanya sudah disediakan oleh Youtube sebelum kamu menguploadnya.

Selain bisa meningkatkan engagement rate, kamu juga bisa meningkatkan jam tayang akunmu. Apa lagi, jika konten yang kamu buat menarik.

3. CTA di Akhir Video

CTA di akhir video dengan ajakan untuk mensubscribe akun kamu juga bisa dicoba. Sebab, cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya ini sangat mudah untuk dibuat karena formatnya sudah tersedia.

4. CTA untuk Memfollow di Sosial Media

Saat menonton video Youtube, kamu pasti sering melihat channel yang mempromosikan akun sosial media lainnya. Nah, cara ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement rate chanel kamu.

5. CTA Deskripsi

CTA deskripsi dapat berupa instruksi dan berbagai link yang ingin kamu promosikan kepada audiens. Dengan menambahkan deskripsi yang menarik, engagement rate chanel kamu juga akan meningkat.

Meningkatkan Engagement Youtube dengan Keyword Relevan

Cara meningkatkan engagement rate Youtube juga dapat mengoptimasi keyword yang kamu gunakan. Keyword sangat berperan agar video kamu mudah ditemukan saat audiens mencari keyword tertentu.

Pastikan kamu menambahkan berbagai keyword relevan dengan video yang akan diunggah. Sebelum menentukan keyword, kamu bisa memeriksa kueri kata-kata yang paling populer pada pencarian Youtube.

Caranya adalah memanfaatkan fitur Youtube’s Search Report. Kemudian, pilih kata kunci teratas yang paling banyak dicari oleh pengguna platform ini. Tapi, pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan tema vide yang akan diunggah.

Cara meningkatkan engagement rate Youtube juga dapat meningkatkan viewers dan subscriber. Tapi, jika pada daftar kata kunci tersebut tidak ada yang cocok dengan video kamu, maka ada beberapa pilihan.

Pilihan pertama adalah dengan membuat kata kunci baru yang lebih relevan. Meski tidak ada dalam daftar pencarian terbanyak, setidaknya penonton akan lebih mudah menemukan video kamu.

Kemudian, pilihan kedua adalah dengan tetap menggunakan kata kunci tersebut tapi mengubah konteks video kamu agar lebih sesuai. Cara ini memang tidak direkomendasikan. Sebab, kamu harus mengulang pembuatan video.

Tapi agar lebih mudahkan kamu, lebih baik cari tahu terlebih dahulu keyword apa yang sedang trending. Jika sudah, maka kamu bisa membuat video sesuai dengan keyword tersebut.

Cara Meningkatkan Engagement di Youtube Terpercaya dengan Jasa Digital Agency

Cara keempat yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement Youtube adalah menggunakan jasa digital agency. Penyedia jasa ini akan membantu kamu dalam membentuk branding chanel.

Membuat strategi marketing agar chanel kamu lebih mudah dikenal. Sebab, jika ingin chanel dan konten kamu dikenal banyak orang, ada strategi khusus yang harus dilakukan.

Tidak hanya itu, digital agency juga akan membantu kamu dalam pembuatan konten youtube dan konsultasi tentunya. Kemudian agar engagementnya tinggi, mereka juga akan membantu kamu dapat berinteraksi dengan audiens.

Cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya yang dilakukan oleh digital agency juga dengan membantu membuat tagar. Tujuannya adalah untuk mengoptimasi postingan dan subscriber.

Tidak hanya sampai di situ, sebab mereka juga akan memberikan laporan bulanan untuk kamu. Laporan tersebut berisi peningkatan statistik engagement rate Youtube.

Salah satu penyedia jasa digital agency yang dapat dipercaya adalah Hello Monday Morning. Kami memiliki semua layanan yang kamu butuhkan untuk meningkatkan engagement rate.Kamu juga akan mendapatkan berbagai penawaran menarik dan garansi jika hasilnya tidak memuaskan.

Jadi segera kunjungi website kami hmm.co.id atau hubungi no WA +62 877-9296-1299 untuk mengetahui informasi selanjutnya tentang cara meningkatkan engagement rate di Youtube terpercaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *